5 Langkah Sukses Meningkatkan Penjualan Bisnis Anda

Di tengah-tengah pandemi seperti ini tidak ada salahnya memprioritaskan menjual barang yang dibutuhkan. Karena dengan penyediaan barang yang dibutuhkan oleh orang-orang, selain bisa membantu hajat hidup orang banyak juga bisa mendapatkan keuntungan. Selain memposting barang jualan, memposting hal-hal yang bermanfaat yang berkaitan dengan pandemi pun menjadi salah satu cara berjualan on-line yang sangat jitu di tengah-tengah pandemi. Tak ayal, Instagram pun menjadi salah satu aplikasi favorit yang digunakan sebagai media untuk mencari rezeki. Tak terkecuali, di tengah pandemi seperti ini yang menuntut orang untuk melakukan transaksi secara on-line. Tenaga penjualan yang hebat berfokus pada “membaca” kepribadian pelanggan dan melakukan penyesuaian dalam teknik penjualan berdasarkan tipe kepribadian.

Cara berjualan ampuh

Beriklan di sosial media tak hanya meningkatkan publicity dan brand awareness produk Anda. Iklan juga membuka kesempatan besar untuk meningkatkan sales Anda. Bicara soal teknis, blog juga bisa jadi tempat untuk mengumpulkan semua materi promosi. Dengan begitu, konten promosi Anda lebih mudah diakses oleh calon pelanggan. Mereka pun tak perlu kerepotan scroll akun Instagram, Twitter, atau Facebook Page. Lewat weblog Anda bisa menunjukkan sisi friendly bisnis, membangun hubungan dekat dengan calon pelanggan, mengumpulkan information calon pelanggan, dan meningkatkan reputasi bisnis.

Jika kamu bingung untuk menentukan produk yang akan dijual, pikirkan produk apa yang kamu sukai. Jika kamu menyukai makeup, nggak ada salahnya jika kamu berjualan make-up. Apabila kamu berjualan produk yang disukai, maka kamu bisa semakin get pleasure from dalam menjalankan usaha. Seorang buyer tidak hanya sekedar membeli suatu produk atau jasa, melainkan manfaat yang ada dibaliknya.

Tentunya Anda akan memakai bahasa yang lebih santai dan disertai slang. Berbeda halnya, dengan segmen pasar orang tua yang bahasanya lebih umum. Cara termudahnya, lagi-lagi, dengan menambahkan kolom review di website.

Disamping itu, pengetahuan mengenai pemasaran digital khususnya melalui media sosial sangat dibutuhkan agar bisnis dapat bertahan dan bahkan agar dapat lebih berkembang. Dengan banyaknya jumlah pengguna media sosial di Indonesia, Instagram bisa menjadi platform pilihan utama untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Tampilan atau visual adalah salah satu hal yang efektif untuk menarik perhatian calon pelanggan Anda. Artinya, Anda harus konsisten dalam urusan desain promosi dari produk-produk Anda sebelum diunggah ke media sosial dan web site, termasuk urusan tone warna, hingga font yang digunakan. Menjaga konsistensi visual yang kreatif tentu menjadi nilai plus bagi bisnis Anda.

Usahakan untuk mencampur empat karakter hashtag ini ketika memposting produk Anda. Minimal, hafalkan manfaat, syarat mendapatkan, serta keuntungannya bagi konsumen. Kalau memungkinkan, jelaskan keunggulan dan kekurangan produk kamu. Semisal ketika Anda menjual softlens dengan segmentasi perempuan, personanya adalah perempuan berusia 18 sampai 25 tahun yang lebih mementingkan penampilan. Sehingga, Anda pun dapat menemukan hal menarik untuk ditulis sebagai caption.

Pemasangan iklan IG ini sering dilakukan online shop untuk meraih exposure yang tinggi dari pengguna IG dalam waktu yang relatif singkat. Memasang iklan merupakan cara promosi yang bisa dilakukan di Instagram. Iklan di Instagram tampilannya seperti posting-an biasa namun ada keterangan ‘sponsored’ di bagian atasnya. Untuk bisa memasang iklan di Instagram, kamu perlu menggunakan fasilitas Facebook Business Manager . Lewat akun BM tersebut, kamu bisa menambahkan akun IG kamu dan mengatur format atau jenis iklan.

Seperti biasa, di situlah kami mengulas publication milik berbagai lembaga non-profit dan bisnis. Tak ketinggalan, ada berbagai ideas dan trik yang bisa diterapkan untuk publication bikinan Anda. Untuk membuatnya lebih menarik, Anda perlu menambahkan bonus pada strategi ini.

Jika produk tersebut berupa jasa ataupun media digital maka perusahaan dapat menawarkan free trial atau mencoba free of charge untuk menarik minat calon konsumen mengetahui sebuah produk. Biasanya untuk Anda yang punya usaha online atau bisnis online akan sering melakukan pemasaran lewat media sosial. Sudah bukan rahasia lagi, kalau mau bisa sukses menjadi penjual, kamu harus mengutamakan pelanggan. Untuk itu, berikan respon yang cepat dengan menyapa dan membalas chat mereka. Manfaatkan juga fitur broadcast yang ada di platform ecommerce untuk memberikan voucher promo kepada mereka. Dengan begitu, pelanggan bisa merasa lebih spesial dan tertarik untuk kembali membeli produk yang kamu jual.

Alhasil pengikut dari pengguna tersebut juga dapat melihat tweet produk atau promosi Anda. Iklan dapat menyasar pengguna yang memiliki peluang ketertarikan terhadap produk tersebut. Jika Anda perhatikan, ketika Anda mencari sesuatu di pencarian Instagram, Anda pasti akan mendapatkan beberapa iklan yang sejenis dengan pencarian Anda. Maksimalkan fitur IG TV untuk sarana mendapatkan engagement atau brand awareness. Sebelumnya jangan lupa untuk melakukan riset harga pasar, agar kita dapat memberikan harga yang murah tanpa harus rugi.