Pandemi, Petaka Atau Peluang? Sebuah Sudut Pandang Dari Umkm Kafe

Untuk mempelajari empat ilmu dasar tersebut, kamu harus bisa tekun, sabar, dan teliti. Bagaimana mungkin kamu menjadi juru seduh kopi jika tidak pernah ngopi atau bahkan tidak menyukai kopi, kan? Seorang barista profesional bahkan harus menyeduh dua puluh cangkir kopi dalam satu hari selama proses latihan. Malah, kalau di rumah, saya hobi bikinin kopi untuk para anggota keluarga, lho. Trus, setiap kali saya ke espresso shop, saya selalu kagum dengan para barista yang meracik kopi saya.

Pasalnya, harga kopi world tengah dilanda penurunan nilai sebagai dampak dari berlimpahnya produksi. Menurutnya, kegemaran masyarakat terhadap kopi murni dari daerah khusus seperti robusta Gayo juga semakin meningkat. Ini merupakan kabar yang baik mengingat bahwa harga kopi di tingkat internasional menjadi turun akibat produksi besar-besaran dari beberapa negara. [newline]Dimana Anda akan bekerja sebaiknya Anda harus tahu bagaimana lingkungannya.

Sebab, bekerja dalam kedai kopi membutuhkan energi yang tidak sedikit karena melayani pelanggan tidak sedikit setiap waktunya. Pengurus rumah untuk hostel, lodge, dan penginapan butik menerima upah berdasarkan jam kerja, dan dalam kasus tertentu, bisa bekerja sukarela selama beberapa jam dalam seminggu untuk mendapatkan akomodasi gratis. Ini memberi kamu kesempatan untuk menjelajahi kota-kota tepi pantai sepertiAirlie Beachdi Queensland serta kota besar yang ramaiSydneysecara lebih terjangkau.

Bekerja sebagai barista di sebuah tempat minuman

Selain itu, apapun konsep bisnis coffee shop yang kamu terapkan, pastikan kelola pembukuannya dengan baik ya. Menu yang biasanya ditawarkan di coffee store memang identik dengan kopi. Namun, tidak semua menu yang dijual adalah kopi, karena ada pula pelanggan yang bukan peminum kopi. Oleh karena itu, kamu perlu juga menyediakan minuman lain seperti berbagai varian teh dan jus.

Maggie sadar bahwa mereka memiliki perbedaan politik, namun orang-orang ini hanya ingin minum kopi dan bicara dengan teman-teman mereka. Kalau musik di kedai kopi terlalu kencang atau meja Anda terlalu berdekatan dengan pelanggan yang lain, jangan minta pelayan untuk merubahnya. Kalau Anda tidak menyukai suasana di kedai kopi tersebut, sebaiknya cari tempat lain yang lebih nyaman. Tidak ada yang melarang Anda membawa anak ke kedai kopi, tetapi jangan sampai pelayan di kedai kopi tersebut berkewajiban menjaga sang buah hati. Kedai kopi diciptakan dengan suasana yang hening dan nyaman, bukan tempat bermain untuk anak. Seorang pakar etika, Elaine Swann, di San Diego mengatakan, jangan hanya meminta segelas air putih dan duduk di kedai kopi tersebut sampai berjam-jam.